Pengalaman Kerja Praktek di ESRI Indonesia



Sebelum males lagi buat nulis ini. Terkadang hal yang ditunda itu berujung pada kemalasan dan akhirnya gagal diwujudkan.

Oke, ini tulisan mengenai perjalan Kerja Praktik (KP) di ESRI Indonesia. Jadi, ceritanya, di meteorology itu ada matkul yang namanya KP. Tapi, matkul ini ga wajib, sama sekali ga wajib. Diantara 39 orang angkatan meteorology, yang ngambil matkul ini Cuma 14 orang. Awalnya juga sempet ragu mau ambil atau engga si matkul ini. Aku pun jatohnya sit in, gak milih pas FRS an. Padahal awalnya, udah niat banget nanya ke kaprodi soal perusahan PT. Adaro di Kalimantan. Emang sih, cari yang menantang+ga dalem ruangan.

Tapi, dengan berbagai masalah sebelum KP, dilema ini dan itu. Apply ke adaro ga jadi (berhubung awalnya udh fix ga ambil KP). Pada akhirnya KP ini aku ambil juga, karena merasa ‘aku harus dapet pengalaman kerja, setidaknya ngerasain gimana sih kerja tuh?’. Jadi ya simplenya, pengen ngamalin ilmu dan menguji adrenalin sendiri. Mampu ga sih aku tuh buat melakukan hal seperti ini? Emang orangnya suka nantang hal yang engga-engga.

Sesudah sit in, ada beberapa lembaga yang dateng, mulai dari BPPT, Lapan, BMKG, dll. Jadi sedikit tercerahkeun ya kan. Dari situ udah aja mau memantapkan diri buat apply di Lapan aja. Ini sedikit nyesel sih karena kenapa dari awal ga apply di adaro aja. Oh iya, FYI, jadi kalo mau KP di adaro itu harus udah apply beberapa bulan sebelumnya, minimal 6 bulan sebelumnya. Ini tuh karena di 6 bulan sebelumnya (bulan Desember), perusahaan itu lagi nyusun keuangan, dan biar kita sebagai yg magang bisa dapet jatah uang magang. Ini kalo ga salah ya, kalo salah boleh deh diralat di komen di bawah ya kawan.

Karena pupus harapan di adaro dan yang penting KP, Lapan emang jadi pilihan yang bakal dipilih. Eh, ternyata jalan Allah buat aku KP itu bukan disana. Ada temen yang ngajak buat KP barengan, jadi se tim gitu, bertiga. Disana kita mulai nyusun mau KP dimana aja dan mulai mikirin topic apa yang bakal dilakuin. Setelah tau mau ngapain, kita kirim proposal, surat dari prodi, transkip, dll.
Semua berjalan lancar dan kita udah sepakat, kalo lapan bakal jadi pilihan terakhir sebulan sebelum KP kalo yang di apply sekarang gak ada jawaban. Dann.. Bener aja! Gaada jawaban satu pun. Dan kita udah pasrah, gila pasrah dan uring-uringan.

Dan ternyata, ESRI membalas lamaran kita udah lama. Ini ga kita sadari karena lupa ngecek email. Jadi, kalo mau KP jangan lupa sering-sering cek email. Nah, seneng banget tuh karena udah diterima di ESRI. Karena emang kita bertiga itu niatnya cari something new.

Tema yang diapply ke ESRI pun aneh aneh, mulai dari sea breeze, land breeze, pengaruh topografi, yang kita ga kepikiran sama sekali gimana cara bikinnya. Haha ini ngakak.

Setelah dipikir-pikir lagi, ternyata topic yang kita pilih itu diluar nalar, udah bahan buat TA banget. Akhirnya, kita pilih ganti topic jadi yang bisa kita kerjakan. Hasil dari KP disana, jelas suatu pemetaan dalam web.


Nah itu peta-peta yang berhasil kita buat. Kalo mau liat webnya secara utuh, boleh hubungi langsung aja ya!
KP itu ngasih hal-hal yang gaada di perkuliahan. Sebenernya, kemarin kita enjoy banget disana. Waktu yang dipunya fleksibel dan kita bisa explore seutuhnya mengenai si ArcGIS ini. Kalo ada yang belum tau, jadi ESRI itu perusahaan yang bergerak di bidang software, softwarenya itu namanya ArcGIS. Ternyata, ArcGIS itu bukan Cuma ArcMAP aja, tapi banyakkk ArcGIS-ArcGIS lainnya. Yang gokil, canggih banget! Mapping sekejap bisa langsung tanpa harus ngoding panjang luar biasa. Ting! Langsung deh jadi si peta. Asalkann, data yang dibutuhkan ada.

Orang-orang ESRI juga baik dan muda-muda. Katanya sih emang teknisi itu banyaknya yang masih muda, freshgraduate, karena mereka yg masih muda itu rasa keingintahuannya tinggi dan mau explore. Sedangkan yang udah lebih berumur, mereka bergerak di bidang marketing. Jadi, yang bersosialisasi sama orang lain.

Kita KP di ESRI itu lima minggu. Dengan seminggu, 5 hari kerja. Sesuai jam kerja pada umumnya, berangkat jam 9 pagi pulang jam 6 sore.

Banyak kejadian konyol yang terjadi di ESRI. Mulai dari dianggep cupu banget sama satpam yang ada di ESRI. Sampe kena tegur salah satu staff ESRI. Hal yang luar biasa bisa menjadikan pembelajaran. Tapi, semuanya menyenangkan, terlebih sama temen-temen yang juga baik dan asiknya minta ampun.

Aku kira, KP disana bakal sepi kaya kuburan. Eh ternyata, banyak juga temen-temen dari univ lain yang KP disana. Ruangan yang buat KP pun penuh sama orang, sampe ngemper di bawah. Tapi, tetep seru dan asik. Kemarin, ada anak UGM, UNDIP, ITERRA sama UI. Semuanya baik, pemanis kehidupan banget.


Selain menghabiskan Senin-Jum’at di kantor, kita juga selalu menghabiskan waktu Sabtu dan Minggu. Harus lah ya, work hard but play hard too. Sama semua anak intern juga pernah main bareng, mulai dari nonton di bioskop, kemarin nonton spiderman yang lagi rame-ramenya. Dan jugaa, main ke ragunan. Kita main ke ragunan udah kaya study tour, rame asik minta ampun.


Jadi, intinya, gunakan waktu sebaik mungkin. Ketika KP pun, kita bisa main dan bersenang-senang. Bahkan di tempat KP pun tetap ada kesenangan. Yang pasti dengan kesenangan itu, jangan sampe membuat kita lupa, kalo kita di dunia ini untuk apa.
Sudahkah beribadah hari ini? Sudah shalat? Sudah tersenyum? Sudah bersyukurkah?

Komentar

  1. Halo kak, saya mau tanya untuk apply magang di esri lama nga sih follow up email dari esri nya ? Saya mau coba tapi sudah seminggu ini belum ada follow up lagi. Kakak dulu kirim email nya langsung lamaran magang atau sekadar tanya-tanya dulu ? Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halloo.. Kemarin langsung lamaran magang sih, tapi emang balasan dari ESRI nya lumayan lama. Kalo ga salah 3 minggu an.

      Hapus
  2. Hai, mau nnya dong, di ESRI internnya ada allowance nya ga? Trimakasih.

    BalasHapus
  3. Halo kak mau nanya pas nyoba magang di ESRI musti udah punya basic ArcGis ga ya? soalnya kan itu berbayar, jd saya belajarnya pakai QGis kak yg gratis

    BalasHapus

Posting Komentar