Meteorologi itu ngapain?


Ngoding udah jadi keseharian yang ga bisa dipungkiri. Rasanya udah kaya nasi, kalo ga makan dulu ya ga kenyang-kenyang. Nah, kalo kita ga ngoding ya gaakan bisa diakses dalemnya suatu file. Alhasil ya ga kelar-kelar. Ya gitu deh. 

Kenyataan ini baru diketahui setelah masuk ITB dan menjalani TPB, ya tahap yang katanya paling bahagia. Tapi nyatanya katanya saja, tidak beneran wehehe. Padahal dulu taunya, meteorology itu tentang awan. Ternyata, setelah masuk itu ya, lebih dari itu. Luas sekali dan bagus banget. 

Ga ngerti juga kenapa semua anak ITB itu pas TPB dikasih pelajaran koding, dimulai dari yang Cuma excel, c sampe c++. Itu mulai dikasih pas TPB. Jadi, sebenernya, ngoding ini bukan hal yang aneh lagi. Karena di saat tingkat satu pun, kemampuan otak untuk berpikir secara struktur udah mulai diasah. Karena emang mereka itu bahasanya aja yang beda, kemampuan berpikirnya mah sama aja.

Ketika masuk tingkat 2, yang katanya udah mulai ngenal ilmu meteorologinya. Ada lagi bahasa kodingan baru yang bernama ‘fortran’. Si fortran ini ga kalah ribetnya kaya c++. Kalo eksplore lebih, si bahasa ini tuh asiknya minta ampun. Ya, asal mau cari tau dan mendalami pasti bakal suka. Tapi, salahnya, karena keenakan di semester ini yang super santuy, si fortran ini juga terbengkalai. Bahasa fortran ini terus berlanjut sampe aku tingkat 2 akhir. 

Di tingkat 3 awal, kami dikenalin bahasa pemrograman html, css sama matlab. Jadi bisa semua sih, keren kaya anak IT. Tapi ya gitu, Cuma dasarnya aja. Dangkal banget ilmunya. Kalo buat sekedar web yang simple, masih mampu lah ya. 

Oh iya, di tingkat ini juga, kita harus buat aplikasi pake android studio. Ada hikmah sehabis matkul-matkul itu terlewati, hamper semua anak meteorology 2016 ganti laptop. Semuanya ganti dengan laptop yang lebih mumpuni, minimal core i3. Emang ya, the power of android studio. Karena si android studio ini emang aplikasi yang paling berat. Dia ga bisa jalan sama sekali, pernah nih aku compile dia semaleman dan ditinggal tidur pun, running nya ga selesai-selesai. Dan pernah juga, gara-gara tugas si android studio ini, prinsip yang penting ngumpulin jadi enak banget buat diterapin di hidup aku. Kemarin, running di lab computer ITB dan hasilnya bener-bener acak-acakan ga jelas, ‘yang penting ada wujudnya kalo aku ngumpulin’, bener-bener enak.

Ya, sehabis semester 5 selesai, si python mulai masuk ke kehidupan kami, anak meteorology. Ya, dia berjasa banget buat kita-kita. Karena ternyata python ini tuh lebih simple. Simple banget dibandingkan dengan bahasa fortan ataupun c++. Tapi malang nasib saya, semester ini pun ga terlalu mendalami python. 

Python ini tuh software yang opensource. Kamu bisa download bebas di internet dan langsung pake. Kalo matlab kan dia berbayar ya, harus dicrack dulu. Oh iya, kita juga belajar ArcGIS. Mantap banget emang jurusan Meteorologi. Kalo menekuninya bener-bener, jadi orang hebat dah semuanya. Tapi ya, namanya juga manusia, ada saatnya dia minat dan ada saatnya dia khilaf jadinya ga suka. Semuanya tergantung. 

Intinya, bahasa terakhir yang kita pelajari itu ya python. Dan python ini berjasa sekali dalam masalah plotting. Do’akan saya dan python ini bisa akrab. Aku emang takut banget ular. Tapi sama si python ini pengen banget jadi sahabat baik. Wkwk tolong bantu TA saya ya thon!

Komentar